Using Power Nap, Reload Your Energy - Kind_Blog

Latest

Minggu, 25 Maret 2018

Using Power Nap, Reload Your Energy


Mungkin beberapa orang diantara kita sudah tidak asing lagi dengan power nap alias tidur sejenak.  Bagi kalangan pekerja, hal ini pasti akan sering dilakukan di sela pekerjaannya. Aslinya penulis juga sering melakukannya di waktu yang agak luang. Bahkan itu terkadang penulis lakukan disaat perkuliahan berlangsung. Ketika dosen asik menerangkan di depan, yah ikut-ikutan asik juga dibelakang dengan main power nap. Nah, power nap itu bisa diartikan sebagai tidur siang, namun berbeda dengan tidur siang biasa.  
Mungkin ada yang beranggapan bahwa itu sama saja dengan tidur sianng biasa. Perlu diketahui, power nap ini tergolong lebih bermanfaat dibanding tidur siang biasa yang bisa disebut Lazy Man’s Nap. Lazy Man’s Nap merupakan tidru yang dilakukan selama 60 sampai 90 menit lebih.

Manfaat
Power Nap ini merupakan suatu hal yang sangat penting dalam menjalani aktifitas harian. Pasalnya, banyak diantara kita yang terbiasa bekerja terlalu lama dan serius, sehingga lupa untuk memberikan jeda sejenak bagi tubuh untuk reload energi. Bahkan studi telah menunjukkan bahwa power nap bisa meningkatkan daya ingat, kemampuan kognitif, kreativitas, dan tingkat energi Anda. Power Nap ini tergolong suatu hal yang simpel, karena kita bisa melakukannya di manapun, yah tentunya tempat itu agak nyaman bagi kita. Bahkan saat proses belajar pun bisa anda lakukan, tapi yang seperti itu jangan terlalu sering.

Waktu
Waktu untuk melakukan power nap ini juga tidak begitu lama, anda cukup menyisihkan waktu  sekitar 15-20 menit, dan bahkan bisa dilakukan selama 30 menit. Pelaksanaannya juga mudah, anda cukup menempatkan diri anda pada tempat yang menurut anda nyaman. Anda bisa melakukannya sambil duduk, sanderan, menaruh kepala di meja, dan lainnya. Selain itu anda juga bisa melakukannya di kelas, kantor, mobil (penumpang), kereta, dll.


Pelaksanaan
Anda perlu menyisihkan waktu untuk melakukan power nap. Langkah awal carilah waktu luang dari kegiatan anda sekitar 30 menit. Perlu anda ketahui, untuk mendapatkan manfaat dari power nap, disarankan untukk tidak tidur lebih dari 30 menit. Supaya tidak kebablasan sampai se-jam, maka disarankan untuk menggunakan alarm. Alarm tidak mesti dari benda mati, Anda juga bisa memanfaatkan orang sekitar sebagai alarm. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar