Pencegahan Rokok Bagi Anak dan Remaja - Kind_Blog

Latest

Senin, 12 Maret 2018

Pencegahan Rokok Bagi Anak dan Remaja


Rokok merupakan gulungan tembakau yang dibungkus dengan kertas, yang biasanya dihisap oleh seseorang setelah ujungnyaa dibakar. Saat ini rokok sudah berkembang sesuai perkembangan teknologi. Sekarang ada berbagai macam rokok, mulai dari bungkusan hingga eletrik. Perkembangan rokok yang pesat di Indonesa merupakan dampak dari lemahnya peraturan dari pemerintah untuk melarang rokok di Indonesia. Amerika yang dulunya dikenal sebagai pendiri salah satu perusahaan rokok terbesar yaitu Marlboro. Saat ini sudah memberlakukan beberapa peraturan terhadap rokok. Dimulai dengan pelarangan adanya iklan hingga harga jual rokok dinaikkan.
Indonesia saat ini justru kurang dalam hal penanganan mengenai roko, sehingga malah menjamur. Bagaimanpun rokok ini mengandung zat kimia yang berbahaya. Bahkan mampu menyebabkan kanker hingga kematian. Oleh karenanya sangat perlu untuk menghimbau anak-anak untuk tidak ikut terlibat dalam hal ini. Namun, ironisnya saat ini justru kalangan anak-anak sangat mudah untuk mencoba rokok. Hal demikian bisa disebabkan karena kurangnya perhatian oleh orang tua.
Orang tua sangat berperan penting untuk mencegah anak menjadi pecandu rokok. Selain menguatkan komunikasi dengan anak, perlu juga untuk memperhatikan lingkungan sosialnya, dengan siapa dia bergaul.
Program pencegahan rokok sangat pentiing untuk mengurangi pengguna rokok di kalangan anak-anak dan remaja. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah anak menjadi seorang perokok.
-          Menjalin Komukasi yang Baik
Perlunya menjalin komunikasi yang baik dengan anak adalah suatu hal yang sangat penting. Anggapan bahwa anak yang sudah menginjak usia remaja sudah bisa mengurus dirinya sendiri justru menjadi hal yang sangat berbahaya. Komunikasi yang terus-menerus dengan anak akan menjadi salah satu hal yang mampu untuk menjauhkan mereka dari rokok.
-          Selalu Mengawasi Anak
Mengawasi adalah salah satu hal yang penting untuk mencegaah anak terjerumus bersama rokok. Berikan pengawasan terhadap pergaulan anak, maupun kegiatannya. Orang tua harus cerdas dalam melihat sisi kejanggalan dari anak.
-          Mengingatkan akan Bahaya Rokok
Mengingatkan terkait bahaya rokok tehadap anak, dapat membantu anak untuk berpikir lebih lanjut apabila suatu saat dihadapkan dengan rokok. Mereka akan mampu untuk mempertimbangkan ketika ada upaya untuk mencobanya.
          
          Program diatas untuk mencegah anak menjadi seorang pecndu rokok. bagaimana jika orangnya sudah menjadi perokok, apa saja yang perlu dilakukan.
-          Niat
Untuk menghentikan kebiasaan merokok tentunya harus menumbuhkan niat terlebih dahulu dalam diri. Karena percuma ingin berhenti meroko jika hanya sekedar ucapan saja, tanpa adanya keyakinan yang kua dalam diri.
-          Ubah Pola Pikir
Mengubah pola pikir sangat penting apabila ingin menghilangkan kebiasaan merokok. Mengubah pola pikir tentang rokok, yakinkan bahwa merokok merupakan kebiasaan yang buruk dan tidak memiliki manfaat sama sekali. Yaknlah bahwa jika anda merokok, itu bisa saja menularkan penyakit kepada orangg yang tidak merokok. Hal ini mampu untuk memberikan keyakinan yang kuat untuk menghilangkan lebiasaan merokok.
-          Jauhi Teman yang Merokok
Apabila sudah membulatkan keinginan untuk berhenti merokok, maka cobalah untuk menjauhi orang-orang yang merokok. Menjauhi berarti menjauhinya ketika mereka mulai merokok, karena apabila tetap bersamanya, justru akan embuat anda semakin ingin merokok lagi.
-          Buang Rokok Jauh-jauh
Apabila anda sudah mampu utnuk menjauhi teman-teman yang merokok maka saatnya untuk membuang jauh-jauh pikiran mengenai rokok.
-          Ganti Kebiasaan Rokok
Untuk mencegah muunculnya keinginan untuk merokok, cobalah untuk mengganti kebiasaan merokok anda. Anda bisa saja mengganti kebiasaan itu dengan mengunyah permen karet atau permen lainnya.
-          Mengurangi Konsumsi Rokok
Mengurangi konsumsi rokok juga bisa digunakan bagi orang yang sangat sulit untuk menghilangkan kebiasaannya. Apabila dalam sehari anda biasa menghabiskan 1 bungkus rokok. Maka selanjutnya cobalaah untuk meguranginya sedikit demi sedikit. Hingga pada akhirnya anda mulai bisa menghilanngkan kebiasaan itu.
-          Menggunakan Terapi

Saat ini sudah muncul berbagai cara untuk menghentikan kebiasaan roko. Seperti menggunakan terapi SEFT dan Hipnotherapy. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar